Pesantren
Suryalaya ada tiga amalan pokok sebagai standar utama, yaitu : mandi taubat,
sholat, dan dzikir dengan metode TQN yang dilaksanakan secara istiqomah dan
berkelanjutan sehari semalam serta berbagai amalan penunjang lainnya, dengan
rincian :
Kegiatan dimulai pada pukul.02.00 dini hari, dimana
semua Anak Bina harus bangun dan langsung mandi taubat.
1. Sebelum Anak Bina itu mandi, dan masuk jamban atau
kamar mandi, mereka harus berdoa sebagaimana tuntunan Hadist dengan do’a :
اللهم إنى
أعوذ بك من الخبث والخبائث
Artinya
: “Aku berlindung kepada Allah dari godaan syaitan laki-laki dan perempuan”
2.
Setelah berada di jamban dan akan memulai mandi, Anak Bina membaca doa yang
dipetik dari Al-Quran surat al-Mu’minun ayat 29 :
Artinya
: “dan berdoalah: Ya Tuhanku, tempatkanlah aku pada tempat yang diberkati, dan
Engkau adalah Sebaik-baik yang memberi tempat.”
3.
Setelah mandi dan keluar dari jamban, dengan bimbingan Para Pembina mengucapkan
doa yang diajarkan Rasulullah SAW:
الحمد لله الذى أذهب عنى الأذى وعا فنى ,
أشهد أن لا إله إلاالله وأشهد أن محمدا رسول الله
Artinya
: “Segala puji bagi Allah yang telah melenyapkan penyakit dari dalam diriku dan
telah memberiku sehat, aku bersaksi tiada Tuhan melainkan Allah dan aku
bersaksi bahwa Muhammad itu Rasul Allah”
4.
Selesai membaca doa diatas, maka Anak Bina melakukan shalat sunat Syukrul-Wudhu
2 rakaat dengan satu salam. Dilaksanakan setelah wudhu dengan niatnya :
أصلى سنة لشكرالوضوء ركعتين لله تعالى
الله أكبر
Artinya
: “Aku niat mengerjakan shalat Syukrul-Wudhu 2 rakaat karena Allah, Allah Maha
Agung”
5.
Setelah melaksanakan shalat sunat Syukrul-Wudhu, dilanjutkan shalat sunat
tahiyyatul-masjid apabila shalat di mesjid sebanyak 2 rakaat dengan niat :
أصلى سنة تحية المسجد ركعتين لله تعالى
الله أكبر
Artinya
: “Aku niat menunaikan shalat Tahiyyatul-Masjid 2 rakaat karena Allah, Allah
Maha Agung”.
6.
Setelah shalat Tahiyyatul-Masjid para anak Bina melaksanakan shalat sunat
Taubat sebanyak 2 rakaat, niatnya :
أصلى سنة التوبة ركعتين لله تعالى الله
أكبر
Artinya
: “Aku niat shalat Taubat 2 rakaat karena Allah, Allah Maha Agung”.
7.
Dilanjutkan dengan melaksanakan shalat sunat Tahajjud atau shalat malam,
minimal 2 rakaat dan maksimal 12 rakaat 6 rakaat. Niatnya :
أصلى سنة التهجد ركعتين لله تعالى الله
أكبر
Artinya
: “Aku niat shalat Tahajjud 2 rakaat karena Allah, Allah Maha Agung”
8.
Setelah Tahajjud, lalu melaksanakan shalat sunat Tasbih 4 rakaat 2 salam dengan
niat :
أصلى سنة التسبيح ركعتين لله تعالى الله
أكبر
Artinya
: “Aku niat shalat tasbih 2 rakaat karena Allah, Allah Maha Agung”
Dinamakan
shalat Tasbih karena setiap rakaatnya diperbanyak bacaan tasbih, yang bacaannya
:
سبحان الله والحمدلله ولا إله إلا الله
والله أكبر ولاحول ولاقوة إلابالله
Artinya
: “Maha Suci Allah, semua pujian hanya kepada Allah, tiada Tuhan selain Allah.
Allah Maha Agung, tidak ada daya dan upaya kecuali dari Allah Yang Maha Agung”
Pada setiap rakaat shalat Tasbih, bacaan tasbih diatas
dibaca sebanyak 75 kali dengan rincian:
- Setelah fatihah dan surat, sambil berdiri membaca 15
kali
- Ketika ruku’ 10 kali
- Ketika I’tidal 10 kali
- Ketika sujud 10 kali
- Ketika duduk iftirasy (duduk antara dua sujud) 10
kali
- Ketika sujud kedua 10 kali
- Ketika bangun dari sujud kedua sebelum berdiri 10
kali
9.
Setelah shalat Tasbih, lalu menunaikan shalat Witir sebanyak 11 rakaat atau 3
rakaat saja dengan 2 kali salam (shalat pertama 2 rakaat dan shalat kedua satu
rakaat). Untuk niat Witir yang 2 rakaat:
أصلى سنة الوتر ركعتين لله تعالى الله
أكبر
Artinya
: “Aku niat shalat Witir 2 rakaat karena Allah, Allah Yang Maha Agung”
Untuk niat Witir yang satu rakaat:
أصلى سنة
الوتر ركعة لله تعالى الله أكبر
Artinya
: “Aku niat shalat Witir 1 rakaat karena Allah, Allah Yang Maha Agung”
10.
Selesai shalat Witir, dilanjutkan dengan dzikir sebanyak-banyaknya, baik dzikir
jahar maupun khofi sampai datang waktu shubuh.
11.
Ketika datang waktu shubuh, lalu melaksanakan shalat sunat qabla
shubuh,niatnya:
أصلى سنة فبل السبح ركعتين لله تعالى الله
أكبر
Artinya
: “Aku niat shalat sunat qabla shubuh 2 rakaat karena Allah, Allah Yang Maha
Agung”
12.
Setelah shalat sunat qabla shubuh, lalu melaksanakan shalat sunat Li
Daf’il-bala sebanyak 2 rakaat sekali salam dengan lafal niatnya:
أصلى سنة لدفع البلاء ركعتين لله تعالى
الله أكبر
Artinya
: “Aku niat shalat lidaf’il bala 2 rakaat sunat karena Allah, Allah Maha Agung”
13.
Selanjutnya melaksanakan shalat fardhu shubuh sebanyak 2 rakaat dan dilanjutkan
dzikir jahar 165, tawassul, dan dzikir khofi. Niat shalat Shubuh:
أصلى فرض السبح ركعتين لله تعالى الله
أكبر
Artinya
: “Aku niat shalat Shubuh 2 rakaat karena Allah, Allah Maha Agung”
14.
Ketika matahari terbit sekitar pukul.06.00, melaksanakan shalat Isyraq sebanyak
2 rakaat, niatnya:
أصلى سنة الإشراك ركعتين لله تعالى الله
أكبر
Artinya
: “Aku niat shalat Isyraq 2 rakaat karena Allah, Allah Maha Agung”
15.
Dilanjutkan dengan melaksanakan shalat Isti’adah sebanyak 2 rakaat, niatnya:
أصلى سنة الإستعادة ركعتين لله تعالى الله
أكبر
Artinya : “Aku niat shalat Isti’adah 2 rakaat karena
Allah, Allah Maha Agung”
16.
Lalu melaksanakan shalat Istikharah sebanyak 2 rakaat
dengan niat:
أصلى سنة الإستخارة ركعتين لله تعالى الله
أكبر
Artinya
: “Aku niat shalat Istikharah 2 rakaat karena Allah, Allah Maha Agung”
17.
Sekitar pukul.09.00 dilanjutkan dengan melaksanakan shalat Dhuha sebanyak 8
rakaat 4 kali salam atau sekurang- kurangnya 2 rakaat, niatnya:
أصلى سنة الضحى ركعتين لله تعالى الله
أكبر
Artinya
: “Aku niat shalat Dhuha 2 rakaat sunat karena Allah, Allah Maha Agung”
18.
Dilanjutkan melaksanakan shalat Kifaratul-baul sebanyak 2 rakaat dengan niat::
أصلى سنة كفارة البول ركعتين لله تعالى
الله أكبر
Artinya
: “Aku niat shalat Kifaratul-baul 2 rakaat karena Allah, Allah Maha Agung”
19.
Ketika masuk waktu Dhuhur sekitar pukul 12.00 setelah Adzan, melaksanakan
shalat qabla Dhuhur sebanyak 2 rakaat, dzikir jahar 165 kali, tawassul, dan
khofi. Niat shalat qabla Dhuhur :
أصلى سنة قبل الظهر ركعتين لله تعالى الله
أكبر
Artinya
: “Aku niat shalat sunat qabla Dhuhur 2 rakaat karena Allah, Allah Maha Agung”
20.
Selesai shalat Qabla Dhuhur, dilanjutkan melaksanakan shalat Fardhu Dhuhur
sebanyak 4 rakaat, niatnya:
أصلى فرض الظهر أربع ركعات لله تعالى الله
أكبر
Artinya
: “Aku niat shalat Dhuhur 4 rakaat karena Allah, Allah Maha Agung”
21.
Shalat ba’da Dhuhur sebanyak 2 rakaat, niatnya:
أصلى سنة بعدالظهر ركعتين لله تعالى الله
أكبر
Artinya
: “Aku niat shalat sunat ba’da Dhuhur 2 rakaat karena Allah, Allah Maha Agung”
22.
Sekitar pukul 15.00 ketika masuk waktu Ashar, melaksanakan shalat sunat Qabla
Ashar sebanyak 2 rakaat, niatnya:
أصلى سنة قبل العصر ركعتين لله تعالى الله
أكبر
Artinya
: “Aku niat shalat sunat Qabla Ashar karena Allah, Allah Maha Agung”
23.
Dilanjutkan melaksanakan shalat Ashar sebanyak 4 rakaat dan dzikir jahar 165
kali, tawassul, dan khofi. Niat shalat Ashar:
أصلى فرض العصر أربع ركعات لله تعالى الله
أكبر
24.
Ketika masuk Maghrib sekitar pukul 18.00, melaksanakan shalat Qabla Maghrib
sebanyak 2 rakaat, dengan niat :
أصلى سنة قبل المغرب ركعتين لله تعالى
الله أكبر
Artinya
: “Aku niat shalat sunat Qabla Maghrib 2 rakaat karena Allah, Allah Maha Agung”
25.
Seterusnya shalat fardhu Maghrib sebanyak 3 rakaat dan dzikir jahar 165 kali,
tawassul, dn khofi. Adapun niat shalaf fardhu Maghrib adalah:
أصلى فرض المغرب ثلاث ركعات لله تعالى
الله أكبر
Artinya
: “Aku niat shalat fardhu Maghrib 3 rakaat karena Allah, Allah Maha Agung”
26. Setelah sholat, melaksanakan dzikir dan dilanjutkan
dengan Khotaman (sesuai dengan petunjuk Buku amaliah TQN) yang dipimpin
Imam.Setelah selesai Khotaman dilanjutkan dengan melaksanakan beberapa shalat
sunat yaitu:
27. Shalat sunat ba’da Maghrib sebanyak 2 rakaat
dengan niat:
أصلى سنة بعدالمغرب ركعتين لله تعالى الله
أكبر
Artinya
: “Aku niat shalat ba’da Maghrib 2 rakaat karena Allah, Allah Maha Agung”
28.
Setelah ba’da Maghrib, dilanjutkan dengan shalat Awwabin dengan niat:
أصلى سنة الأوبين ركعتين لله تعالى الله
أكبر
Artinya
: “Aku niat shalat sunat Awwabin 2 rakaat karena Allah. Allah Maha Agung”.
29.
Lalu shalat sunat Taubat sebanyak 2 rakaat, niatnya :
أصلى سنة التوبة ركعتين لله تعالى الله
أكبر
Artinya
: “Aku niat shalat Taubat 2 rakaat karena Allah, Allah Maha Agung”.
30.
Shalat sunat birrul- wallidin sebanyak 2 rakaat dengan niat :
أصلى سنة برالوالدين ركعتين لله تعالى
الله أكبر
Artinya
: “Aku niat shalat sunat Birrul-Walidain 2 rakaat karena Allah, Allah Maha
Agung”
31.
Shalat sunat Li Hifdhil-Iman sebanyak 2 rakaat dengan niat:
أصلى سنة لحفظ الإيمان ركعتين لله تعالى
الله أكبر
Artinya
: “Aku niat shalat sunat Li Hifdhil-Iman 2 rakaat karena Allah, Allah Maha
Agung”
32.
Shalat sunat Li Syukrin-Ni’mah sebanyak 2 rakaat, niatnya :
أصلى سنة لشكر النعمة ركعتين لله تعالى
الله أكبر
Artinya
: “Aku niat shalat sunat Li Syukrin-Ni’mah 2 rakaat karena Allah, Allah Maha
Agung”
33.
Apabila masuk waktu Isya sekitar pukul.19.00, adzan telah dikumandangkan,
melaksanakan shalat sunat Qabla Isya sebanyak 2 rakaat, niatnya:
أصلى سنة قبل العشاء ركعتين لله تعالى
الله أكبر
Artinya
: “Aku niat shalat sunat Qabla Isya 2 rakaat karena Allah, Allah Maha Agung”
34.
Dilanjutkan dengan melaksanakan shalat fardhu Isya sebanyak 4 rakaat dengan
niat:
أصلى فرض العشاء أربع ركعات لله تعالى
الله أكبر
Artinya
: “Aku niat shalat fardhu Isya 4 rakaat karena Allah, Allah Maha Agung”
35.
Dilanjutkan dengan shalat sunat ba’da Isya sebanyak 2 rakaat dan dzikir jahar
165 kali, tawassul, dan khofi. Adapun niat shalat sunat ba’da isya adalah:
أصلى سنة بعد العشاء ركعتين لله تعالى
الله أكبر
Artinya
: “Aku niat shalat sunat ba’da isya 2 rakaat karena Allah, Allah Maha Agung”
Menjelang waktu tidur sekitar pukul.21.30, anak Bina
mengambil wudhu dan melaksanakan beberapa shalat sunat, yaitu:
36. Shalat sunat Syukrul-Wudhu sebanyak 2 rakaat
(niatnyasudah ditulis sebelumnya)
37. Shalat sunat Mutlaq sebanyak 2 rakaat dengan niat
:
أصلى سنة المطلق ركعتين لله تعالى الله
أكبر
Artinya
: “Aku niat shalat sunat Mutlaq 2 rakaat karena Allah, Allah Maha Agung”
38. Shalat sunat Istikharah sebanyak 2 rakaat (niatnya
sudah ditulis sebelumnya)
Disamping kegiatan yang berupa bersuci (thaharah),
mandi, wudhu, shalat, dan dzikir, juga diberikan pelajaran dan praktek berbagai
doa harian yang diambil dari petunjuk dan sunnah Rasulullah saw, seperti : doa
sebelum masuk jamban, doa sesudah selesai dan keluar dari jamban, doa waktu
mandi taubat, doa sebelum tidur, doa setelah bangun tidur, doa sebelum makan,
doa setelah selesai makan, dan lainnya.
Dalam prakteknya Pondok Remaja Inabah melakukan tiga
tahap, yaitu :
a.Tahap Pra Perawatan : Setelah calon Anak Bina
dititipkan, Pembina akan mengamati gerak-gerik dan prilaku si calon serta
mewawancarainya. Hal ini sebagai diagnosa awal, lalu selama tujuh hari
dilakukan pengamatan khusus, dan biasanya dalam rentang waktu ini Pembina telah
dapat menyimpulkan jenis dan katagori gangguan kejiwaannya. Kemudian calon yang
dianggap telah siap ditalqin (diajarkan) dzikir, dihadapkan kepada Mursyid atau
Wakil Talqin untuk menerima pengajaran dzikir TQN.
Apabila jenis gangguan kejiwaan calon Anak Bina masih
ringan, seperti: suka berdusta, minum-minuman keras yang ringan dan malas
sekolah, maka dalam waktu kurang dari tujuh hari biasanya sudah dapat ditalqin
dzikir. Bahkan sudah mampu disentuh perasaannya oleh Pembina. Sehingga ia dapat
menyadari akan kesalahan dan kekeliruannya dan segera memperbaiki diri atau
bertaubat. Akan tetapi jika gangguan kejiwaannya agak berat atau pengaruh racun
narkobanya sudah berat, maka perlu waktu sekurang-kurangnya tujuh hari bahkan
lebih agar mampu disentuh perasaannya sebelum diberikan talqin dzikir, dan
perawatannyapun sampai enam bulan atau lebih.
b. Tahap Perawatan : dalam tahap ini Anak Bina
diajak melaksanakan seluruh kegiatan ibadah dari mulai bangun tidur
(pukul.02.00 dini hari) sampai tidur kembali (pukul.21.30) seperti yang telah
disebutkan dalam kurikulum Metode Terapi Inabah diatas.
c. Tahap Pasca Perawatan : Setelah dianggap
memungkinkan keluar Inabah, Anak Bina tersebut sangat dianjurkan untuk selalu
mengikuti amaliah ibadah seperti yang telah dilaksanakan di Inabah atau
bergabung dengan lingkungan yang memungkinkan melaksanakan amaliah ibadah
seperti yang telah dilaksanakan di Inabah. Tahapan ini sangat urgen sekali,
mengingat Anak Bina tersebut ada kemungkinan akan bertemu kembali dengan
kawan-kawan lamanya. Kalau tidak menjaga diri dan tidak meningkatkan kualitas
iman dan ilmu agamanya, tidak mustahil akan terpengaruh lagi dan akan kembali
ke habitat negatif sebelumnya. Untuk itu seorang Anak Bina yang sudah menjadi
alumni Inabah, bukan berarti sudah selesai pembinaannya dan tidak perlu lagi
melaksanakan amaliah ibadah seperti di Inabah.. Sebaliknya justru harus semakin
meningkatkan kualitas ibadah dan keimanannya, dan kalau perlu menjauhi
lingkungan atau kawan-kawan lamanya yang negatif agar tidak mudah terpengaruh
kembali.
PROSES PENILAIAN ANAK BINA SELAMA PEMBINAAN DI INABAH
Penilaian anak bina di Inabah adalah upaya atau
tindakan untuk mengetahui sejauh mana tujuan yang telah ditetapkan itu tercapai
atau tidak dalam proses pembinaan. Dengan kata lain, penilaian berfungsi
sebagai alat untuk mengetahui keberhasilan proses dan hasil pembinaan anak bina
selama dibina di Inabah. Dalam suatu sistem pendidikan atau pembinaan proses
penilaian sangat penting sebagai upaya untuk lebih meningkatkan kembali
berbagai upaya dalam mencapai hasil yang diinginkan melalui berbagai tahapan
yang sudah direncanakan secara baik.
Salah
satu prinsip dasar yang harus senantiasa diperhatikan dan dipegangi dalam
rangka penilaian proses pembinaan di Inabah adalah prinsip kebulatan atau
menyeluruh, dimana penilai mampu membuat penilaian yang menyeluruh terhadap
peserta anak bina, baik dari segi pemahamannya terhadap materi atau bahan
pelajaran yang telah diberikan (aspek kognitif), maupun dari segi penghayatan
(aspek afektif), dan pengamalannya (aspek psikomotor), serta perilaku yang
berhubungan dengan motivasi atau penggeraknya (Konatif).
Keempat aspek atau ranah kejiwaan itu erat sekali dan
bahkan tidak mungkin dapat dilepaskan dari kegiatan atau proses evaluasi atau
penilaian pembinaan di Inabah. Dalam konteks evaluasi hasil pembinaan di
Inabah, maka keempat ranah itulah yang harus dijadikan sasaran dalam setiap
kegiatan evaluasi atau penilaian hasil pembinaan. Sasaran kegiatan penilaian
atau evaluasi hasil pembinaan di Inabah ini adalah:
Psikis, yaitu berhubungan dengan psikis atau ruhani
anak bina pasca pembinaan di Inabah yang mencakup:
1. Visi Ke depan
2. Prinsip
3. Komitmen
Penilaiannya difokuskan pada ;
Aktualisasi diri, yaitu bagaimana anak bina
mengaktualisasikan dirinya dalam tingkah laku kesehariannya pasca pembinaan
Kontrol diri, yaitu sejauhmana anak bina mampu mengontrol diri dalam upaya
aktualisasi dirinya pasca pembinaan Membangun kepercayaan diri, yaitu
sejauhmana anak bina mampu membangun kepercayaan dirinya setelah melewati
proses pembinaan Proses Perjuangan Menuju Perbaikan, yaitu adakah upaya yang
dilakukan anak bina dalam memperbaiki dirinya, Minat Belajar, yaitu adakah
minat anak bina untuk melanjutkan belajar, baik formal atau non formal pasca
pembinaan Cara Pandang Ke masa depan, yaitu bagaimana anak bina memandang masa
depannya pasca pembinaan.
Sosial, yaitu berhubungan dengan bagaimana anak bina
bermasyarakat, meliputi :
1. Peka terhadap lingkungan.
2. Minat
3. Konsekwensi diri atau tanggung-jawab pribadi
4. Hidup dalam keteraturan
Penilaiannya terfokus pada:
Kepekaan , yaitu sejauhmana kepekaan anak bina
terhadap orang lain atau lingkungan sekitar
Kesadaran , yaitu sejauhmana kesadaran anak bina dalam
hidup bermasyarakat
Kepedulian, yaitu sejauhmana kepedulian anak bina
terhadap orang lain atau lingkungan sekitar
Toleransi yaitu sejauhmana toleransi anak bina
terhadap orang lain dalam bermasyarakat
Proses Komunikasi yaitu sejauhmana kemajuan anak bina
dalam berkomunikasi dengan orang lain dalam bermasyarakat
Tanggung Jawab yaitu sejauhmana rasa tanggung-jawab
anak bina sebagai warga dalam bermasyarakat
Dengan diadakannya proses penilaian secara menyeluruh
kepada para anak bina diharapkan mampu mengetahui sejauhmana kemaksimalan
pembinaan di Inabah dan secara otomatis dapat disiasati berbagai kekurangannya
demi perbaikan di masa mendatang.
Perbandingan keberhasilan pembinaan dapat direkap
secara baik, ketika diawal anak masuk pembinaan sudah direkap bagaimana catatan
awal anak bina masuk pembinaan. Catatan awal ini sangat penting guna mengetahui
sejauhmana keberhasilan proses pembinaan di Inabah. Selain itu sudah pasti
menjaga hal-hal yang tidak diinginkan, baik adanya keluhan dari orang-tua anak
bina pasca pembinaan atau mendeteksi sedini mungkin berbagai kemungkinan
penyakit yang dibawa anak sebelum masuk pembinaan.
Selanjutnya
berbagai keberhasilan atau kemajuan yang dialami anak bina pasca pembinaan di Inabah
ditulis dengan baik dalam catatan anak bina sebelum meninggalkan tempat
pembinaan. Hal ini bertujuan untuk memberikan panduan atau semacam arahan bagi
keberlanjutan pembinaan anak bina pasca pembinaan, apalagi para orang-tua yang
bertanggung-jawab secara langsung bagi pembinaan selanjutnya sangat memerlukan
berbagai informasi tentang anaknya. Dengan harapan agar adanya kesinambungan
pembinaan yang dilakukan setelah anak bina keluar dari tempat pembinaan di
Inabah, baik bagi anak yang ingin melanjutkan sekolahnya ataupun yang ingin
bekerja dan berumahtangga.
Dari
hasil pantauan Bidang Inabah selama ini ternyata kesuksesan pembinaan pasca
keluar dari Inabah berhubungan erat dengan sejauhmana proses pembinaan dengan
metode Inabah ini terus dilaksanakan pasca pembinaan Inabah. Proses pembinaan
di rumah atau di tempat lain di luar Inabah akan efektif dan berhasil guna
selama anak bina tersebut istiqamah melaksanakan amaliah Tarekat Qadiriyah Naqsyabandiyah
(TQN) yang dipraktekkan di Inabah dalam kesehariannya, baik mandi malamnya,
sholat-sholat sunat, dzikir, khotaman, maupun manakibannya. Semakin istiqamah
seseorang mengamalkan TQN, maka semakin besar pula peluang untuk lebih baik di
masa depannya. Sebaliknya jika amaliah TQN ini terputus, maka ada kemungkinan
anak tersebut kembali kepada kebiasaan negative masa lalunya atau bahkan lebih
rusak lagi, diakibatkan tidak adanya pembinaan berkelanjutan.
PENJELASAN ISTILAH
Psikis, yaitu berhubungan dengan psikis atau ruhani
anak bina pasca pembinaan di Inabah yang mencakup:
Visi Ke depan, yaitu kemampuan untuk melihat inti
persoalan dan cara pandang ke depan
Prinsip, yaitu pegangan kebenaran pokok yang menjadi
dasar dalam bertindak
Komitmen, yaitu keterikatan dalam melakukan sesuatu
Penilaiannya difokuskan pada ;
Aktualisasi diri, yaitu bagaimana anak bina
mengaktualisasikan dirinya dalam tingkah laku kesehariannya pasca pembinaan
Kontrol diri, yaitu sejauhmana anak bina mampu
mengontrol diri dalam upaya aktualisasi dirinya pasca pembinaan
Membangun kepercayaan diri, yaitu sejauhmana anak bina
mampu membangun kepercayaan dirinya setelah melewati proses pembinaan
Proses Perjuangan Menuju Perbaikan, yaitu adakah upaya
yang dilakukan anak bina dalam memperbaiki dirinya,
Minat Belajar, yaitu adakah minat anak bina untuk
melanjutkan belajar, baik formal atau non formal pasca pembinaan
Cara Pandang Ke masa depan, yaitu bagaimana anak bina
memandang masa depannya pasca pembinaan.
Sosial, yaitu berhubungan dengan bagaimana anak bina
bermasyarakat, meliputi :
Peka terhadap lingkungan.
Minatyaitu kecendrungan hati terhadap sesuatu
Konsekwensi diri adalah tanggung-jawab diri dalam
melakukan sesuatu
Hidup dalam keteraturan
Penilaiannya terfokus pada:
Kepekaan , yaitu sejauhmana kepekaan anak bina
terhadap orang lain atau lingkungan sekitar
Kesadaran , yaitu sejauhmana kesadaran anak bina dalam
hidup bermasyarakat
Kepedulian, yaitu sejauhmana kepedulian anak bina
terhadap orang lain atau lingkungan sekitar
Toleransi yaitu sejauhmana toleransi anak bina
terhadap orang lain dalam bermasyarakat
Proses Komunikasi yaitu sejauhmana kemajuan anak bina
dalam berkomunikasi dengan orang lain dalam bermasyarakat
Tanggung Jawab yaitu sejauhmana rasa tanggung-jawab
anak bina sebagai warga dalam bermasyarakat
Religisitas atau religiusitas, yaitu rasa keberagamaan
anak bina yang mencakup:
Durasi atau rentang (Lamanya) waktu yang digunakan
anak bina untuk ibadah
Frekwensi atau seberapa banyak ibadah yang dilakukan
anak bina
Presistensi atau keistiqomahan anak bina dalam
melakukan ibadah
Devosi atau Pengorbanan diri anak bina dalam rangka
ibadah kepada Allah
Penilaian difokuskan pada aspek :
Teologis, yaitu aspek ketauhidan atau keimanan kepada
Allah
Ritualitas, yaitu upaya yang dilaksanakan dalam
merealisasikan keimanan dalam bentuk ibadah
Penghayatan, yaitu sejauhmana nilai lebih yang didapat
dari realisasi ibadah anak bina dalam bentuk akhlakul karimah dalam hidupnya
Pengetahuan, yaitu aspek pengetahuan agama yang
menunjang dalam melaksanakan agama islam
Konsekwensiolitas, yaitu sejauhmana tanggung-jawab dan
konsekwensi dari keimanan anak bina dalam kehidupannya, baik berbentuk tingkah
laku atau akhlaknya
Keilmuan atau aspek ilmu pengetahuan agama Islam yang
didapat anak bina selama masa pembinaan di Inabah yang mencakup:
Pengalaman dalam mempelajari berbagai pengetahuan
agama selama di Inabah
Keikutsertaan dalam belajar berbagai pengetahuan agama
yang diberikan selama di Inabah
Perubahan yang didapat anak bina dalam segi
pengetahuan agama selama di Inabah
Fokus penilaian adalah dalam :
Amaliah Utama meliputi:
Amaliah Mandi Taubat (mandi pada awal pagi hari
sekitar pukul.02.00 dengan niat bertaubat)
Thaharah (bersuci baik dari hadats maupun najis)
Sholat – sholat Wajib/Fardu
Sholat – Sholat Sunat
Amaliah Dzikir (dengan metode khusus Tarekat Qadiriyah
Naqsyabandiyah)
Tawasul dan Tahlil
Amaliah Khataman (amalan khusus bagi ikhwan Tarekat
Qadiriyah Naqsyabandiyah)
Amaliah Manakiban(amalan khusus bagi ikhwan Tarekat
Qadiriyah Naqsyabandiyah)
Amaliah penunjang yang meliputi;
Tauhid
Fiqih
Ahklaq Tasawuf
Baca Tulis Al-Qur’an
Do’a-Do’a Harian
Surat-surat Pendek ( Zuz-Amma)
amaliyah ini bukan hanya bagi pecandu narkoba saja , tapi bagi kita yang ingin mencapai kesucian jiwa.
BalasHapus